Rabu, 25 Januari 2012

Penyebab Kinerja Laptop Menjadi Lambat

Mungkin sedikit berbeda dengan komputer, laptop lebih cepat menjadi lambat dibanding dengan sebuah komputer. Hal ini bisa disebabkan karena laptop bersifat portable (bisa di bawa kemana saja). Jadi, kapan pun kita ingin menggunakan laptop bisa, Oleh karena itu, waktu aktifnya bisa lebih lama di banding dengan komputer. Selain karena bersifat portable, laptop juga begitu mudah untuk di tambahkan data.





Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan laptop lambat :


1. Laptop Kekurangan Memory

Satu hal yang perlu untuk kita ketahui, memory sangat berpengaruh terhadap kecepatan laptop, dan menjadi hal yang utama ketika laptop menjadi lambat. Pastikan kita menggunakan operation system  (windows) yang sesuai dengan kemampuan memory, misal windows 7 minimal menggunakan memory 1 Gb ini paling minimal. Periksa task manager pada bagian performance, perhatikan berapa persen memory yang terpakai.

2. Terlalu Banyak Program Aplikasi




Jika laptop kita lambat bisa, bisa jadi disebabkan oleh program yang terlalu banyak. Apalagi program yang berjalan secara realtime, seperti antivirus, firewall dan sebagainya. Periksalah task manager pada bagian process lihat semua program yang aktif dan coba disable satu persatu.

3. Terlalu Banyak Program Di Start Up
Ini sangat terjadi pada saat laptop pertama kali diaktifkan. Saat laptop diaktifkan, maka semua program di startup akan diaktifkan. Semakin banyak program maka semakin lama loading laptop kita, periksalah dengan mengetikkan msconfig pada menu RUN


4. Laptop Lambat Karena Temporary File



Temporary File adalah file yang sengaja dibuat oleh system window yang sengaja dibuat keperluan tertentu, Temporary File akan terus bertambah banyak seiring semakin seringnya laptop di gunakan.


Solusinya : buka RUN ketik cleanmgr untuk membuka Disk CleanUp . Bisa juga dengan klik kanan pada salah satu Hard Disk Drives dan pilihlah menu properties untuk mengaktifkan Disk Clean Up.

5. Terlalu Banyak Anti Virus Ataupun Fire Wall
Sebenarnya hal ini diwajibkan untuk laptop. Namun jika kita menggunakan anti virus terlalu banyak  dan lebih dari satu, hal ini bisa menyebabkan kinerja laptop kita menjadi lambat. 


Solusinya gunakan antivirus yang sesuai dengan kebutuhan, dan yang paling penting  adalah menggunakan antivirus yang bisa di update kapan saja. Menggunakan 2 anti virus saya rasa cukup, yaitu menggunakan 1 anti virus lokal (Smadav) dan 1 anti virus luar.

6.  Laptop Lambat Karena Masalah Hard Disk
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, sifat laptop yang portabale atau bisa di bawa kemana-mana. Maka sangat memungkinkan laptop untuk terguncang, mengalami benturan dan akhirnya akan mengganggu hardisk.  Kondisi seperti ini bisa menyebabkan hard disk menjadi badsector. atau 
Penyebab lainnya adalah seringnya kita menginstal atau uninstal program. Hal itu juga bisa menyebabkan kinerja hardisk menjadi terganggu. Ada baiknya jika kita melakukan defragment hard disk secara berkala, yaitu melakukan pembersihan hard disk. Caranya mudah, cukup klik kanan pada Hard Disk Drive yang ingin dibersihkan. pada menu Proprerties pilihlah tools. Klik Defragment now, lakukan Analyze Disk terlebih dahulu sebelum kita menjalankan proses Defragment.

7. Laptop Terkena Virus
Virus adalah salah satu penyebab utama dari lambatnya laptop. Dan ini paling bisa di rasakan oleh penggunanya. cirinya bisa bermacam – macam, yang terpenting adalah struktur data kita pada explorer akan berubah, bisa bertambah dan bisa berkurang. intinya banyak file yang tidak dikenal. Solusinya gunakan lah antivirus terbaru. Scan Komputer secara rutin, dan jangan lupa untuk mengupdates  antivirus yang kita miliki.

8. Laptop Kepanasan
Apabila laptop digunakan berjam – jam, secara otomatis komponen laptop akan menjadi panas. Hal ini wajar, tetapi jika setiap hari seperti ini bisa saja menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Gunakanlah Kipas bantu untuk menjaga laptop agar tidak terlalu panas. Dan sebisa mungkin bersihkan laptop kita.

9. Pengaruh Koneksi Internet
Sebenarnya hal ini tidak selalu sering terjadi, tetapi dalam beberapa kasus laptop akan menggunan memory yang berlebihan padahal tidak ada program yang aktif kecuali browser (mozilla misalnya). hal ini bisa terjadi karena koneksi sedang bermasalah, atau adanya situs website yang di akses tidak dalam keadaan baik (adanya spammer atau virus).




Tidak ada komentar:
Write komentar