Minggu, 22 Juli 2012

Topologi Jaringan


Topologi memiliki pengertian sebagai gambaran umum tentang struktur jaringan atau bagaimana sebuah jaringan tersusun/didesain oleh penyusunnya. Pola susunan atau desain ini sangat erat kaitannya dengan metode akses dan media pengiriman yang digunakan.

Dalam pengertian tersebut, topologi terbagi menjadi topologi fisik (Physical topology) yang menunjukkan posisi pemasangan kabel secara fisik dan logik (Logical topology) yang menunjukkan bagaimana suatu media diakses oleh host.

Topologi pada jaringan komputer dikenal juga sebagai topologi pada jaringan internet. Pengertian istilah tersebut yaitu hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan (Link,station serta node). Istilah di dalam jaringan tersebut merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia yang ada di dunia ini.

Jaringan dibangun dengan kabel dari serat optik (Fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel (Nirkabel) TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Perkembangan topologi pada jaringan menunjukkan adanya komunikasi tanpa kabel (Nirkabel) TCP/IP merupakan sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet. Komputer yang terhubung di internet berkomunikasi dengan protokol TCP/IP karena menggunakan bahasa yang sama.

Meski terdapat perbedaan jenis komputer dan sistem operasi, itu tidak termasuk masalah dalam aplikasinya. Oleh karena itu, jika sebuah komputer menggunakam protocol TCP/IP kemudian sudah terhubung langsung dengan internet, hal tersebut dapat membuat sebuah komputer dapat angsung berhubungan dengan komputer di belahan dunia manapun asalkan sama-sama terhubung dengan internet.

Lima kategori Utama Topologi pada jaringan komputer/internet :

Topologi Bintang (Star)
  • Sering digunakan dalam pembuatan sebuah jaringan karena paling mudah dalam hal instalasi serta mudah untuk mengidentifikasi jika terjadi kerusakan.
  • Merupakan konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna.
  • Biaya yang digunakan termasuk biaya menengah
  • Keunggulan dari kategori ini yaitu memiliki tingkat keamanan yang tinggi, tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. Jika dilakukan penambahan ataupun pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah. Bila terjadi kerusakan pada satu saluran dapat mempengaruhi jaringan pada sauran tersebut serta stationnya.
  • Kekurangan dari kategori ini adalah jika node tengah mengalami kerusakan, maka semua rangkaian akan terhenti.

Topologi Cincin (Ring)
  • Memiliki bentuk rangkaian titik yang setiap titik terhubung ke dua titik lainnya sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  • Jika terjadi gangguan pada salah satu titik, komunikasi data bisa terganggu sehingga jaringan FDDI mengirimkan data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.
  • Keunggulan dari kategori ini yaitu tidak adanya tabrakan pengiriman data karena hanya satu node yang dapat mengirimkan data pada satu waktu dan dapat menghemat kabel.
  • Kekurangan dari ketegori ini adalah pengembangan jaringan terkesan lebih kaku, pendeteksian kerusakan sulit untuk dilakukan, kemungkinan terjadi dua paket data yang tercampur serta dapat mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan jika terjadi gangguan di suatu Node.

Topologi Bus


  • Dihubungkan dengan satu kabel dalam satu baris, peralatan aktif tidak dibutuhkan untuk menghubungkan komputer, komputer lain tidak dapat berhubungan dengan komputer lainnya jika kabel putus serta jika terjadi masalah sulit dilakukan pelacakan.
  • Keunggulan dari kategori ini adalah penambahan work station atau lebih dikenal dengan pengembangan jaringan baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu work station lainnya.

Topologi Mesh


  • Merupakan suatu bentuk hubungan antar perangkat yang setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya di dalam jaringan sehingga setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat tujuan.
  • Keunggulan dari kategori ini adalah :
  1. Hanya menggunakan satu link khusus dalam melakukan komunikasi dengan komputer lain yang dituju (Tidak digunakan secara beramai ramai.sharing) karena hubungan dedicated links menjamin data langsung cepat terkirim ke komputer yang akan dituju tanpa harus melalui komputer lainnya.
  2. Memiliki sifat Robust. Jika terdapat gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena kabel koneksinya rusak, gangguan tersebut tidak mempengaruhi koneksi komputer lain.
  3. Komunikasi antara dua komputer tidak dapat diakses oleh komputer lain.
  4. Proses identifikasi masalah ketika terjadi kerusakan mudah untuk dilakukan.
  • Kekurangan dari ketegori ini adalah :
  1. Membutuhkan banyak kabel. Makin banyak jumlah komputer, maka akan dibutuhkan semakin banyak kabel.
  2. Instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit karena setiap komputer dapat terhubung langsung dengan komputer lainnya.
  3. Memerlukan space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer tersebut berada karena banyak kabel yang dibutuhkan.

Topologi Pohon (Tree)


  • Merupakan kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan bus.
  • Terdiri dari kumpulan bintang yang dihubungkan dalam satu bus sebagai backbone.

Setiap kategori tersebut memiliki kekurangan maupun keunggulannya masing-masing.



Tidak ada komentar:
Write komentar