Sabtu, 23 Mei 2015

Fakta Menarik Mengenai Penyu

Apakah kalian semua tahu bahwa setiap tahun, tanggal 23 Mei diperingati sebagai Hari Penyu Sedunia?  Peringatan ini dilakukan untuk mendorong kita semua agar membantu kehidupan penyu sehingga mereka bisa berkembang biak dengan baik dan tidak punah. 


Penyu laut adalah pengelana di lautan. Betinanya kembali ke pantai dimana mereka menyimpan telur-telurnya, tapi pejantannya tidak berkepentingan untuk kembali ke daratan. Dan berikut ini adalah beberapa fakta unik mengenai Penyu.

1. Penyu betina bisa melakukan perjalanan sejauh 1.500 kilometer dari tempat mereka mencari makan ke tempat untuk bertelur.


2. Penyu yang baru menetas dari telurnya mengetahui arah laut dengan mengikuti cahaya di kejauhan. 


Di pantai yang alami cahaya itu bisa berasal dari bulan atau bintang yang memantul di permukaan laut. Bila di daerah dekat pemukiman, cahaya itu berasal dari pantai, mereka akan menuju ke sana.

3. Penyu betina bisa terlihat seperti sedang menangis ketika mereka sedang mengeluarkan telur.  

Namun itu sebenarnya adalah garam yang keluar dari kelenjar yang terletak di dekat matanya.

4. Jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu inkubasi dari telurnya.


Bila suhunya lebih dingin yang keluar akan penyu jantan, sedangkan suhu lebih hangat yang muncul betina.

5. Beberapa jenis penyu air tawar bisa bernapas lewat pantat. 


Mereka memiliki lubang spesial yang bisa mengambil oksigen dari air.


Dengan adanya peringatan hari penyu sedunia, diharapkan semua orang bisa menjaga habitat penyu agar tidak rusak dan mereka bisa tetap berkembang biak dengan baik. Selain menjaga habitat penyu, perburuan penyu secara liar ataupun perdagangan penyu secara ilegal harus dihentikan dan bisa dikendalikan agar penyu tidak punah. Itulah tujuan dari dibentuknya peringatan "Hari Penyu Sedunia".

1 komentar:
Write komentar
  1. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (WA : 081910053031)

    BalasHapus