Minggu, 04 Maret 2012

Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan adalah makanan khas kecamatan Kandangan yang termasuk wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Yang membedakan ketupat kandangan ini bukanlah ketupatnya melainkan cara penyajiannya.
Ketupat kandangan disajikan bersama ikan haruan (ikan gabus) yang dimasak dalam kuah, seperti opor, hanya saja lebih manis. Cara memakannya pun akan lebih nikmati apabila dimakan dengan menggunakan tangan dan bukan dengan sendok. Karena ketupat yang digunakan mudah hancur. Ketupat yang hancur ini akan membuat kuah meresap ke dalam ketupat yang sudah dilumat-lumat oleh tangan.
Nah, berikut ini adalah beberapa keunikan Ketupat Kandangan. Hampir mirip seperti penjelasan di atas seh (^_^).


Keunikan pada Ketupat Kandangan  yang pertama adalah bahan dasarnya. Yaitu adanya Ikan Haruan yang mungkin lebih dikenal dengan nama ikan gabus yang dimasak dalam kuah yang mirip dengan opor tapi agak lebih manis. Kita bisa memilih bagian kepala atau badan untuk tiap porsi yang dipesan.

Untuk "sumber karbohidrat"nya digunakan ketupat yang tidak "pulen", tapi mudah hancur. Mengapa mudah hancur? Karena, keunikan yang kedua, walaupun berkuah, cara memakan ketupat kandangan ini "seharusnya" tidak menggunakan sendok, tapi tangan saja.

Jadi ketupat yang mudah hancur tersebut sedikit diremas-remas oleh tangan di dalam kuahnya, sehingga kuahnya dengan mudah meresap ke dalam ketupat. Ini yang membuat kita bisa menggunakan tangan untuk memakannya karena kuahnya sudah habis, terserap ke dalam ketupatnya.

Dan keunikan yang ketiga adalah, jarang ditemui menu ikan berkuah yang dijadikan sajian santap pagi hari. Biasanya kita menemukannya untuk santap siang atau malam. Tapi walau begitu, ternyata menyantap ketupat kandangan ini di pagi hari amatlah nikmat, kita akan mendapati sensasi yang berbeda. Coba aja deh kalau gak percayaa ^_^ .


Nah, kalian berencana pergi ke wilayah Kalimantan Selatan? Tidak perlu ke Kandangan untuk mencoba ketupat kandangan. Hampir semua kota di Kalimantan Selatan memiliki warung yang menyediakan ketupat kandangan di dalam daftar menunya. Kita tidak harus menunggu siang, pada pagi hari pun ketupat kandangan banyak dijual untuk dinikmati sebagai sarapan.




Tidak ada komentar:
Write komentar