Sabtu, 31 Desember 2011

Peristiwa Menarik Sepanjang Tahun 2011


Wah wah, gak terasa udah akhir tahun. Besok udah tahun baru. Nambah lagi deeh umur kita. Selama 2011 ini, tentunya banyak sekali catatan dan peristiwa menarik yang bisa dicermati yang terjadi sepanjang tahun ini. Maka dari itu saya merangkum beberapa kejadian menarik selama tahun 2011, yang saya ingat dan yang sering dicari di dunia maya tentang kejadian-kejadian menarik dan unik pada satu tahun kebelakang. Apa saja peristiwa unik tersebut?? Pengen tahu yaa?? 


Berikut ini adalah beberapa kejadian atau peristiwa menarik dan unik di Indonesia sepanjang tahun 2011:
1. Crop Circle
Masih ingatkan kalian tentang fenomena Crop Circle di Sleman?? ya, fenomena yang bikin heboh Indonesia pada awal tahun 2011. 

Crop circle adalah pola lingkaran misterius berbentuk simetris. Crop circle menjadi heboh di Indonesia setelah ditemukan keberadaannya di Sleman, Yogyakarta pada 23 Januari 2011. Crop cirle di Sleman, berdiameter 60 centimeter sampai 70 cm.

Namun misteri tersebut tidak bertahan lama setelah Sejumlah mahasiswa UGM mengaku membuat crop circle yang ditemukan di tengah sawah di Dusuna Rojosari, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Pengakuan itu mereka nyatakan dalam situs Studentmagz.com.

Tulisan di situs itu menyebutkan, crop circle di Sleman dibuat seorang mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Tapi sang mahasiswa yang dikenal jago matematika dan internet itu tak bekerja sendiri. Dia dibantu enam temannya.

Masih dalam situs, sang mahasiswa yang sampai kini belum diketahui namanya itu mengaku, sengaja membuat jejak benda terbang tak dikenal alias UFO buat mencari sensasi. Menurut dia, itu sebagai ajang pembuktian kalau mereka memang jago matematika dan desain.

Walau banyak ditemukan di sejumlah tempat, toh fenomena ini tetap menjadi teka-teki.

2. Supermoon.


Pada tanggal 19 Maret 2011 sebuah fenomena astronomi unik terlihat di langit, Supermoon atau bulan besar adalah fenomena ketika Bulan tampak lebih besar dari biasanya akibat kedekatannya dengan Bumi.

Publikasi space.com menyebutkan, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 18 tahun.. Bulan “hanya” 356,577 kilometer dari Bumi. Ini 30.000 kilometer lebih dekat dengan jarak rata-rata Bumi-Bulan biasanya yang berkisar 382.900 km. Jarak terdekat Bumi-Bulan tersebut terjadi pada Minggu (20/3/11) dini hari pada pukul 02.10 WIB, Untung ane sempat melihat peristiwa alam yang indah ini (^_^).

3. Gerhana Bulan

Perbedaan yang menarik dari kedua gerhana tersebut. Pada gerhana 16 Juni 2011  dimulai pada pukul 00.23 WIB, sedangkan gerhana 10 Desember lalu dimulai lebih awal yaitu pada pukul 18.33 WIB, sehingga lebih bersahabat dibandingkan jika terjadi pada dinihari. 
Apalagi terjadinya di malam Minggu, tentunya tidak akan terlalu mengganggu. Tapi gerhana yang pertama terjadi lebih lama, ini gerhana bulan terlama sepanjang sejarah. Selama 100 menit, orang bisa melihat berbagai tahap perubahan warna gerhana bulan total tersebut, sedangkan gerhana yang kedua lebih singkat, Kali ini totalitas gerhana hanya berlangsung selama 50 menit saja.Secara umum, berbagai fenomena astronomi selalu menarik untuk dilihat oleh manusia, termasuk gerhana bulan. Pada tahun 2011 ini telah terjadi dua kali gerhana bulan, yaitu pada 16 Juni dan 10 Desember yang lalu. 

4. Sindikat SMS Mama
Polisi Indonesia akhirnya menangkap sekitar 177 orang asing yang berasal dari Taiwan danCina atas tuduhan penipuan lewat pesan pendek (SMS). 

Modus mereka adalah dengan berpurapura menjadi ibu si penerima pesan pendek dengan nomor sementarakemudian meminta penerima SMS untuk mengirimkan pulsa kenomor tersebut. Ada ada saja ya idenya.

Dengan adanya 220 juta nomor ponsel di Indonesia, sudah pasti modus kriminal ini meresahkan para penerima SMS. Setelah itu ada juga sms Papa,Tante, Om atau sejenisnya, tapi gak seheboh sms Mama. Tapi sayang, ane gak dikirimin sms ini juga. He he

5. Norman Kamaru.
Siapa sih yang tidak kenal Norman Kamaru??? Mungkin itulah gambaran betapa superiornya, Norman Kamaru mendadak dangdut menjadi buah bibir masyarakat indonesia setelah munculnya video lipsing dirinya di youtube yang berjudul video polisi gorontalo menggila.

Pertengahan April 2011 nama Norman Kamaru seorang anggota Brimob Polda Gorontalo berpangkat Briptu yang kini sudah hengkang ke dunia lain entertainment begitu ramai diperbincangkan diberbagai media di tanah air.
Namun siapa sangka, ketenaran yang didapatnya justru menjadi awal masalah baru bagi dirinya di Kepolisian. ketika itu Norman hendak dijatuhkan hukuman atau sanksi atas perilakunya itu, kemudian diberikan batasan-batasan karena kewajibannya di Institusi kepolisian hingga akhirnya Norman Kamaru mundur dari kesatuannya. Padahal bilangnya dulu gak kan keluar, tapi kok sekarang keluar ya??

6. Wabah Ulat Bulu
Ulat bulu merusak tanaman dan berpotensi menyebabkan gatal-gatal pada manusia. Penyebab kemunculan ulat bulu ternyata berhubungan dengan kelestarian alam. ProFauna Indonesia menyebutkan, perburuan liar yang dilakukan secara besar-besaran terhadap burung liar (sebagai komoditas perdagangan) menjadikan populasi pemakan ulat ini menurun. 
Alhasil, ulat-ulat tersebut bisa berkembangbiak dengan leluasa karena musuh utamanya sudah tidak ada. Selain karena berkurangnya predator yang memakan ulat bulu, peningkatan rata-rata suhu udara juga ikut berpengaruh. Siklus hidup dan berkembangbiaknya ulat bulu menjadi lebih cepat akibat udara hangat.Pada tahun 2011, berbagai wilayah di Indonesia terkena bencana berupa wabah ulat bulu. Dalam jumlah besar mereka memenuhi tanaman dan pepohonan di Probolinggo, Malang, Denpasar, Pasuruan, Jombang, Bandung, Yogyakarta, sampai Bekasi. Sebenarnya kejadian ini karena ulah manusia juga ya.

7. Trend Boyband dan Girlband di Indonesia.
Tidak bisa dipungkiri bahwa boyband dan girlband Indonesia sukses mendominasi industri musik nasional sepanjang tahun 2011. Kalo ane lebih suka Girlband, biarpun suaranya pas-pasan tapi kan cantik cantik. He he
Sebenarnya kemunculan boyband dan girlband di Indonesia selalu menimbulkan pro dan kontra. Pihak yang tidak suka, menganggap boyband dan girlband menjiplak kultur K-Pop. Sudah begitu, jika perform boyband dan girlband Indonesia masih sering lipsync. Ini yang paling ane gak suka, gayanya selangit tapi kalau manggung cuma make rekaman suara.

8. Pulau Komodo Akhirnya Ditetapkan Sebagai “The New Seven Wonders

Pada 12 November 2011, Pulau Komodo secara resmi telah masuk daftar 7 keajaiban dunia. Selain pulau Komodo, dalam situs resmi New7Wonders itu, Halong Bay (Vietnam), Amazon (Amerika Latin), Pulau Jeju (Korea Selatan), Table Mountain (Afrika Selatan), air terjun Iguazu (Amerika Latin), Puerto Princea Underground River (Filipina).

9. SEA Games 26

Perhelatan akbar yang diadakan setiap 2 tahun sekali ini telah mengundang simpatik seluruh negara anggota ASEAN, terutama oleh masyarakat Indonesia. Perihal sea games ke-26 ini dilaksanakan di Indonesia pada 11-22 November 2011 di Palembang dan Jakarta.
Dari 48 cabang olahraga, sepak bola merupakan cabang olahraga yang sangat disoroti oleh seluruh masyarakat negri ini. Semua berkumpul di Gelora Bung Karno hanya untuk memberikan semangat bagi para pemain U-23. Namun, sangat disayangkan Indonesia harus kalah dari Malaysia 3-4 pada pertandingan final. Meskipun Indonesia tampil sebagai juara umum dengan perolehan 182 medali emas, 151 perak dan 143 perunggu namun rasanya belum lengkap tanpa medali emas dari cabang sepak bola.

10. Pernikahan Putri Sultan Hamengkubowono X
Inilah acara pernikahan yang layak disebut royal weddingnya Indonesia, Pernikahan putri Sultan Hamengkubowono (HB) X, Gusti Kanjeng Ajeng (GKAj) Nurastuti Wijareni dengan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Yudanegara ini memang benar benar keren dah, mungkin bisa dibilang khas kraton Yogyakarta. Puncak prosesi acara pernikahan putri sulung Sultan ini terjadi pada hari Selasa,18-102011. Pernikahan ini juga disambut gembira oleh rakyat yogya,adanya pesta rakyat dan antusias rakyat Yogyakarta dalam melihat acara ini sudah cukup untuk membuktikannya.


11. Pernikahan Edhi Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa
Inilah acara pernikahan yang paling mewah di Indonesia pada penghujung tahun 2011. Pada hari Kamis (24/11/2011) Edhi Baskoro (Ibas) remi mempersunting Aliya. Pernikahan antara 2 ( dua ) petinggi di negeri ini. Sang mempelai pria adalah anak bungsu dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus ketua dewan penasehat Partai Demokrat, sedangkan Sang mempelai wanita adalah putri dari seorang Menteri koordinator Perekonomian Hatta Radjasa sekaligus ketua umum Partai Amanat Nasional ( PAN ).

12. Peristiwa lainnya yang bisa dibilang "heboh" dan mencuat di akhir tahun 2011 ini adalah mulai terungkapnya pembantaian di mesuji, bentrok di Bima dan kasus pencurian sandal jepit yang ancaman hukumannya melebihi hukuman yang diterima para koruptor. Semua kejadian ini mengusik rasa keadilan masyarakat karena dalam kejadian ini Pemerintah, Polri ataupun para pejabat "terkesan" tidak berpihak pada rakyat. Kalau Korupsi dan kisruh PSSI gak masuk hitungan, udah seperti kejadian biasa saja di Indonesia. Miris melihatnya.



1 komentar:
Write komentar