Rabu, 28 Desember 2011

Ayam Rica Rica

Kalian doyan makanan yang pedas pedas apa nggak?? Kalau suka gak da salahnya untuk mencoba Ayam Rica Rica, dengan nasi dan sayur tentunya (^_^).

Ayam Rica Rica adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata "Rica" berasal dari bahasa Manado yang berarti "pedas" atau "cabai". Resep untuk membuat ayam Rica-Rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, persamaannya hanya terletak pada rasanya yang pedas.Ayam Rica-Rica biasa disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun.

Ayam Rica-Rica tentunya diolah dari daging ayam goreng sambal cabe merah dan cabe rawit disajikan bersama dengan nasi dan sayur lalapan seperti selada, timun dan tomat. Masakan Sulawesi ini memiliki ciri khas sebagai yang lengkap. Ayam Rica Rica itu sendiri merupakan makanan asli Sulawesi, 


Bila ingin menikmati makanan ini, maka akan ada perasaan yang beda dengan bumbu masakannya, yang berasal wangian bumbu dan daun.


Karena dalam cabe ayam Rica-rica digabung dengan dedaunan yang menambah cita rasa, seperti daun jeruk peruk, daun kemanggi dan serai. Wangian dari daun ini bisa menambah selera makan orang yang melihatnya.


Rasa pedas yang diberikan dari ayam Rica-rica ini juga asli dari cabe, tanpa ada campuran lada atau merica. Hal ini dapat dibuktikan dengan pedas yang menggigit saat di lidah dan ditenggorokan.Cabe dari rasa pedas yang ditimbulkan dari ayam Rica-rica dapat rasa yang ditimbulkan dari makanan ini, yaitu segar. jadi,walaupun terasa pedas, tapi tetap terasa segar.

Ayam Rica Rica bisa dipadukan dengan sayuran lalap untuk menetralisir lidah karena rasa pedas yang diberikan. Pada sayuran biasanya ditambahkan timun dan tomat,Itu semua untuk meredakan rasa pedas dan menetralisir lidah.





Tidak ada komentar:
Write komentar