Selasa, 23 Juni 2015

Empat Alasan Selalu Merasa Lapar Saat Berpuasa

Lapar di saat puasa merupakan hal yang wajar. Apalagi jika rasa lapar dan haus muncul di siang hari yang menjadi jam-jam kritis. 

Namun saat dipikirkan, mungkin Kita akan merasa heran kenapa rasa lapar dan haus tersebut terus muncul padahal mungkin baru 2 jam yang lalu Kita sahur. Mungkin ada beberapa kebiasaan salah yang tanpa sadari Kita lakukan dan membuat Kita merasa selalu lapar.


Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah alasan di balik rasa lapar yang terus menyerang :

1. Makan terlalu cepat 


Ketika Kita makan dengan cepat, maka hormon leptin tidak memiliki waktu untuk bekerja. Padahal hormon ini bermanfaat untuk menjaga agar perut selalu merasa kenyang. Untuk itulah sangat penting untuk menikmati makanan dengan memakannya secara perlahan saat sahur dan berbuka.



2. Kurang tidur

Bila Kita kurang tidur, maka produksi hormon leptin juga akan berkurang. Selain itu kurang tidur juga akan meningkatkan sekresi hormon ghrelin yang akan membuat Kita selalu merasa lapar.



3. Malas beraktivitas


Puasa memang terkadang membuat tubuh Kita menjadi lemas. Namun hal tersebut bukanlah alasan untuk malas beraktivitas. Sebab ternyata menurut beberapa penelitian, sikap bermalas-malasan ini malah akan membuat seseorang cepat merasa lapar.



4. Dehidrasi

Saat puasa juga merupakan saat rawan dehidrasi. Dan saat dehidrasi datang tentunya Kita akan merasa haus sekaligus membuat Kita berpikir sedang merasakan lapar juga. Oleh karena itu selalu usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat puasa dengan meminum air putih secukupnya.



Rasa lapar memang wajar datangnya saat puasa. Namun jika Kita menghindarkan diri dari faktor di atas, maka bisa jadi setidaknya Kita tidak akan merasa terlalu lapar.


1 komentar:
Write komentar
  1. S1288poker adalah penyedia taruhan poker online dengan uang asli yang dapat dipercaya dan dapat di andalkan untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bermain poker online menggunakan uang asli.
    Untuk dapat bermain poker di S1288poker,com sangat mudah, anda dapat melakukan deposit minimal Rp.10.000,- dengan keuntungan semaksimal mungkin.
    kelebihan lainnya adalah anda dapat bermain tanpa harus menghawatirkan adanya program atau penggunaan bot pada website S1288poker,com karena di S1288poker permainan player vs player. (WA : 081910053031)

    BalasHapus