Minggu, 11 Agustus 2013

Indonesia Raih 2 Gelar Juara BWF Championship 2013



Guangzhou - Dua gelar dibawa pulang anak-anak Indonesia dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013. Ini adalah pencapaian terbaik sejak 2007, setelah nirgelar dalam tiga edisi sebelumnya.


                                        



Pada pertandingan final di Tianhe Indoor Stadium, Guangzhou, China, Minggu (11/8/2013), pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lebih dulu memenangi nomor ganda campuran, diikuti kemudian oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ganda putra.



Liliyana Natsir & Tontowi Ahmad

Tontowi/Lilyana yang merupakan unggulan ketiga, berhasil mengalahkan unggulan teratas dari China, Xu Chen/Ma Jin, lewat pertarungan tiga set berdurasi satu jam 14 menit, sebelum menang 21-13 16-21 22-20. Ini merupakan gelar dunia ketiga bagi Liliyana Natsir setelah sebelumnya dia pernah meraih Gelar Juara Ganda Campuran sebanyak dua kali bersama Nova Widianto.


Mohammad Ahsan & Hendra Setiawan

Ahsan/Hendra juga mengalahkan lawannya yang menempati posisi unggulan lebih tinggi. Mereka yang diunggulkan di tempat keenam, dengan cukup meyakinkan menumbangkan pasangan Denmark unggulan ketiga, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dengan dua set langsung 21-13 23-21. Ini Merupakan gelar juara dunia kedua yang diraih oleh Hendra Setiawan.

Kali terakhir wakil Indonesia menjadi juara dunia adalah di tahun 2007. Liliyana Natsir, yang kala itu berpasangan dengan Nova Widianto, menjadi yang terbaik usai menundukkan pasangan nomor satu dunia saat itu, Zheng Bo/Gao Ling.

Nova Widianto & Liliyana Natsir

Setelah kesuksesan Nova/Lilyana itu Indonesia paceklik gelar di ajang BWF World Championship. Berturut-turut di tiga edisi berikutnya (2009, 2010, 2011), tidak satupun wakil "Merah Putih" yang menjadi juara.


Rudi hartono

Tahun terbaik Indonesia di kejuaraan ini adalah di tahun 1980. Saat itu empat gelar dimenangi atas nama Rudy Hartono (tunggal putra), Verawaty Fajrin (tunggal putri), Christian Hadinata/Ade Chandra (ganda putra), dan Christian Hadinata/Imelda Wiguna.


Susi Susanti

Indonesia juga pernah menyabet tiga nomor di tahun 1993 untuk Joko Suprianto (tunggal putra), Susi Susanti (tunggal putri), serta Ricky Subagja/Rudi Gunawan (ganda putra).

Dari 20 edisi kejuaraan, total 20 gelar dimenangi oleh pemain-pemain Indonesia. Yang terbanyak masih China dengan total 55 nomor. Denmark berada di posisi ketiga dengan total 10 gelar, diikuti Korea Selatan (9).


Berikut ini daftar juara dunia asal Indonesia berdasarkan tahun kemenangan :

Taufik Hidayat

1977 - Tjun Tjun/Johan Wahyudi
1980 - Rudy Hartono, Verawaty Fajrin, Christian Hadinata/Ade Chandra, Christian Hadinata/Imelda Wiguna

1983 - Icuk Sugiarto
1993 - Joko Surprianto, Susi Susanti, Ricky Subagja/Rudy Gunawan
1995 - Heryanto Arbi, Ricky Subagja/Rezy Mainaky
1997 - Candra Wijaya/Sigit Budiarto
2001 - Hendrawan, Tony Gunawan/Halim Haryanto
2005 - Taufik Hidayat, Nova Widianto/Liliyana Natsir
2007 - Markis Kido/Hendra Setiawan, Nova Widianto/Liliyana Natsir

2013 - Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir




Tidak ada komentar:
Write komentar