Senin, 11 Juni 2012

Penyakit Tulang

Penyakit tulang. Terdengar mengerikan juga ya penyakit ini. Kalau penyakitnya tidak parah mungkin bisa diatasi dengan berolahraga, memperbaiki posisi tubuh saat duduk ataupun berjalan, mengkompres dengan air hangat atau bahkan diurut. Tapi ternyata ada berbagai macam penyakit tulang yang harus diperiksa dan diobati langsung oleh dokter. Penyakit tulang apakah itu?? 

Berikut ini adalah macam macam penyakit tulang berbahaya, yaitu :

1. Penyakit Paget

Penyakit paget adalah penyakit tulang yang kehabisan kapur. Penyakit ini timbul secara lambat dan perlahan. Belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit ini. Penyakit ini hanya menyerang orang dewasa yang berusia diusia 30 tahun keatas. 

Namun kita kaum muda harus waspada karena bukan berarti seseorang yang usianya dibawah 30 tahun tidak bisa terserang penyakit ini. Perlu diingat, penyakit tidak memandang usia ataupun siapakah orang tersebut. Jadi tetap harus waspada. :-)

2. Radang Sumsung Tulang

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi tulang. Infeksi tulang artinya adalah kerusakan pada sebagian tulang yang disebabkan oleh kuman "Staphylococcus".

Kuman kuman itu biasanya menjalar dari infeksi dibagian tubuh lainnya seperti infeksi pada telinga ataupun radang paru-paru.  Kuman itu dibawa oleh darah dan kemudian menetap di dalam tulang sumsum dan mulai menggerogoti jaringan tulang. Gejala penyakit ini adalah rasa sakit pada tulang jika bagian tersebut digerakkan, deman dan menggigil.

Penyakit radang sumsum tulang ini termasuk penyakit serius yang harus segera ditangani oleh dokter khusus yang bisa menangani penyakit ini. Jika infeksi sudah menjalar dan menimbulkan pembusukan tulang, ada kemungkinan harus dilakukan pembedahan untuk membuang tulang yang sudah membusuk itu.

3. Osteoporosis

Osteoporosis adalah keadaan tulang yang menipis karena adanya pengurangan zat tulang pada semua kerangka. Osteoporosis bisa terjadi pada tulang yang di-gips, mengalami kekurangan gizi, adanya kegiatan kelenjar gondok yang berlebihan, diabetes, kekurangan vitamin D dan kalsium, kelebihan hormon adrenalin atau menopause.

Osteoporosis mungkin bisa menimbulkan penyakit komplikasi seperti patah tulang, sakit pada tulang, punggung bengkok dan kerusakan tulang.

Penderita Osteoporosis dianjurkan untuk :
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Jika dianggap perlu, kita bisa menggunakan suplemen kalsium.
  • Berolahraga sesuai dengan kemampuan fisik penderita untuk memberikan rangsangan pada tulang - tulang.

Itu semua saran yang biasanya di-anjurkan oleh dokter loh. Pada wanita yang mengalami osteoporosis karena menopause, dokter akan memberikan hormon estrogen.

4. Arthritis Deformans

Arthritis Deformans.. Hmmm, nama yang cukup sulit untuk diucapkan ya?? Mungkin nama ini tidak dikenal oleh banyak orang. Namun dikalangan orang awam seperti kita penyakit ini punya nama keren "Encok-Rematik". Mudah diingat dan pastinya kalian semua pernah dengar penyakit ini kan?? 

Penyakit ini dapat terjadi karena infeksi, kekurangan gizi, kelainan kelenjar gondok, pola hidup, virus ataupun kuman.

Penyakit ini ditandai dengan demam ringan, sakit kepala dan penurunan kesehatan secara umum. Bagian tubuh yang lebih dulu terkena biasanya adalah lutut dan jari-jari. Kemudian menyerang bahu, pergelangan dan siku. Jika sudah parah, penyakit ini dapat menyerang semua persendian tubuh.

Tulang tulang sendi akan membengkak karena adanya peradangan yang aktif dari lapisan lendir. Tulang rawan dalam persendian menipis, tulang membengkok karena adanya pengerutan dan kerusakan otot atau jaringan di-sekitar tulang. Penyakit ini pun dapat menyebabkan tulang terlepas dari engselnya.

Pada tingkat awal, penyakit ini sudah merusakkan jaringan-jaringan persendian. Pada tingkat yang kronis bahkan dapat menimbulkan cacat. Pengobatan sejak dini akan membantu mengurangi kerusakan dan dapat memulihkan kesehatan penderita.


Oleh karena itu sayangilah tulang kita. Jaga baik baik agar kita tidak terserang penyakit seperti yang sudah saya sebutkan diatas. 


Kalau sudah terserang penyakit ini barulah kita menyesal karena kita tidak menyayangi tulang kita. Semoga kita semua sehat selalu dan tidak terserang penyakit-penyakit itu ya gan. Amiiin.. :-)



Tidak ada komentar:
Write komentar