Rabu, 09 Mei 2012

Mengenal Komputer

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan akan menghasilkan output berupa informasi.



Sebenarnya cukup banyak definisi tentang komputer, tapi satu saja sudah cukup kan?? (^_^)

Apabila kita mempelajari komputer, kita juga harus mengenal elemen elemen dari komputer, yaitu Hardware, Software dan Brainware.
  • Hardware
Merupakan perangkat keras yang secara fisik dapat dilihat dan disentuh.
  • Software
Merupakan perangkat lunak yang dapat berupa program yang berisi intruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  • Brainware
Brainware adalah pengguna atau manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Ketiga elemen tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tidak ada software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (Brainware) sebagai pengguna yang berperan untuk menggunakan dan mengoperasikannya.


Secara prinsip, kita akan belajar komputer dengan mengacu pada sebuah konsep dasar. Komputer apapun jenisnya pastilah memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai Input Device, Central Processing Unit, Output Device dan External Memory.


A. Input Device



Input Device adalah peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam komputer. Ada banyak jenis input  device yang dapat digunakan pada komputer. Contoh input device yang harus ada didalam komputer adalah mouse, keyboard, VGA Card dan Sound Card.


B. Central Processing Unit (CPU)



Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer. Oleh karena itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan berbagai pengolahan data, diantaranya mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan ataupun membandingkan.



Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
  • Internal Memory / Main Memory
Berfungsi untuk menyimpan data dan program.
  • ALU (Arithmatic Logical Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan.
  • Control Unit
Bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer.


C. Output Device



Merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca ataupun dipahami oleh manusia. Bisa juga digunakan sebagai penyimpanan data hasil dari proses. Jenis output yang dimiliki oleh komputer juga cukup banyak. Contoh Output Device adalah monitor, printer dan plotter.


D. External Memory



Merupakan memory yang berada diluar CPU, atau biasa disebut dengan Secondary Storage / Backing Storage ataupun memory cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Agar bisa berfungsi, data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam Internal Memory.







Tidak ada komentar:
Write komentar