Rabu, 13 Juni 2012

Bagian - Bagian Komputer


Jika dikelompokkan berdasarkan fungsinya, elemen-elemen komputer bisa dikelompokkan menjadi 5 bagian. Lima bagian itu adalah perangkat pengoperasian, perangkat penyimpanan, perangkat input, perangkat output dan perangkat tambahan.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari komputer, yaitu :

1. Perangkat Pengoperasian
Perangkat pengoperasian ini terletak didalam Central Processing Unit (CPU). Bagian ini merupakan perangkat yang berfungsi sebagai otak komputer. Bagian ini memiliki tugas untuk menyimpan sistem, mengolah data dan mengatur sistem kerja komputer.

Perangkat Pengoperasian tersebut antara lain adalah :
  • Motherboard
Motherboard adalah komponen penting dalam kelengkapan sistem komputer. Motherboard adalah perangkat yang membuat semua komponen komputer menjadi terhubung. Motherboard juga yang mengendalikan kinerja, hubungan serta komunikasi antar komponen tersebut. Tanpa motherboard, sistem komputer tak akan bisa berjalan.


Istilah motherboard sebenarnya memiliki nama lain, yaitu mainboard dan system board. Di dalam dunia IT, istilah baku yang digunakan adalah motherboard. Dengan kata lain, mainboard adalah penyebutan alternatif bagi motherboard. Bentuk fisik motherboard itu sendiri adalah sebuah papan sirkuit tercetak yang ditempeli berbagai chip,slot ekspansi, slot memori serta processor.
  • Processor

Setelah motherboard, komponen utama lainnya dari sistem komputer adalah processor. Processor adalah otak dari segala kecanggihan komputer. Pada dasarnya komponen ini bertugas melakukan kalkulasi, operasi logika dan pengambilan keputusan berdasarkan diagram flowchart yang telah diprogramkan.




Secara umum komponen inilah yang mengolah data, memberi intruksi kepada komponen lain yang tersambung dengan sistem, serta mengendalikan hardware yang terhubung dengan motherboard. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan, Processor terbagi menjadi Arithmatical Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan register.
  • Memori

Memori adalah perangkat elektronik penyimpan data sementara yang akan atau telah diproses oleh alat proses dan memiliki kecepatan akses data yang tinggi. Fungsi memori didalam sistem komputer adalah untuk menyimpan data sementara. Data sementara yang dimaksud adalah data yang akan diproses ke processor atau baru saja diproses dari processor.

Berdasarkan kemampuannya untuk ditulisi atau dibaca, memori dibagi menjadi 2 jenis :

a. Read Only Memory (ROM)

ROM adalah memori-memori yang isinya hanya dapat dibaca. dengan kata lain, data yang tersimpan didalamnya hanya dapat ditulis satu kali dan selanjutnya isi memori tersebut hanya dapat dibaca tanpa bisa diubah.

b.Random Acces Memory (RAM)

RAM adalah jenis memori yang digunakan sebagai memori utama dalam sistem komputer modern. Memori ini sifatnya dapat dibaca dan ditulis ulang. Dengan kata lain, data yang sudah tersimpan didalam memori tersebut dapat ditulis ulang, dibaca dan diubah-ubah dengan satu metode/cara.

  • VGA Card
VGA Card merupakan kartu ekspansi (Expansion Card) yang berfungsi sebagai perangkat pengolah grafis dan video yang akan dikeluarkan ke layar penampil seperti monitor atau proyektor.


  • Sound Card
Sound Card (Kartu Suara) bertugas sebagai pengantar input dari processor. Sound card akan mengantarnya ke speaker dan terciptalah suara.


2. Perangkat Penyimpanan Data

Berdasarkan jenisnya, media penyimpanan data dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah Media Magnetik (Hard Disk, Disket, Flash Disk) dan Media Optik ( CD-ROM, CD-R, CDRW, DVD-R dan DVD-RW)
  • Hard Disk

Hard disk adalah komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan data. Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang walaupun komputer dalam keadaan mati. Dalam harddisk biasanya terdapat lebih dari satu platter atau piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat disimpan.

  • Disket
Disket memiliki fungsi yang sama dengan Flashdisk, yaitu sama sama berfungsi untuk menyimpan data. Ukuran lingkaran dari piringannya hanya 3,5 inci. Apabila ingin menggunakan Disket, kita harus memasukkannya kedalam Flopy Disk. 



Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, disket sudah jarang digunakan karena adanya Flash Disk yang secara penggunaan lebih praktis dan memiliki ukuran penyimpanan data yang lebih besar daripada disket.

Kapasitas disket itu sendiri sangatlah kecil. Bahkan yang banyak beredar pun hanya memiliki kapasitas penyimpanan data hanya 1,4 MB (Mega Byte) saja.

  • Flash Disk
Flash Disk adalah media penyimpanan data yang kini sangat populer. Disamping bentuknya yang ramping dan mudah dibawa kemana saja, desainnya juga sangat menarik dan beraneka ragam.



Seperti telah kita ketahui, Disket mempunyai kapasitas hanya 1,4 MB saja. Sedangkan Flash Disk saat ini mempunyai ukuran 1 GB (Giga Byte), 2 GB, 4 GB, 8 GB dan 16 GB. Sungguh sangat jauh berbeda dengan disket kan??

  • Disk (CD & DVD)

Compact Disk Atau yang lebih akrab disebut dengan CD dan Digital Versatile Disk (DVD) sama sama memiliki bentuk berupa piringan atau cakram padat. Kedua media ini dibedakan dari kapasitasnya. CD memiliki kapasitas penyimpanan antara 650-700 MB, sedangkan DVD memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 2 GB hingga 17 GB.


3. Perangkat Input

Berikut ini adalah perangkat input yang penting untuk sebuah komputer, yaitu :

  • Keyboard

Keyboard adalah perangkat input yang digunakan untuk mengetik atau untuk menginput (Memasukkan) teks, memberikan perintah pada komputer serta untuk mengontrol pengoperasian komputer. ada berbagai jenis tata letak keyboard yang digunakan, namun yang paling populer digunakan adalah Keyboard dengan tata letak QWERTY.

  • Mouse
Mouse berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer. Mouse memiliki dua tombol di-kiri dan di-kanannya. Tombol kiri memiliki perintah yang berarti "OK" , sedangkan tombol kanan biasanya berupa pilihan atau option tertentu. Dalam Mouse terdapat pula Scroll yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan halaman ataupun tampilan pada layar.

  • Scanner

Scanner merupakan alat yang digunakan untuk memindai dokumen, foto, gelombang, suhu dan lainnya. Hasil pemindaian itu akan diproses oleh komputer dan diubah menjadi data digital. Kita dapat mengolah kembali data tersebut dengan aplikasi pengolah gambar ataupun aplikasi pengolah teks.


4. Perangkat Output



Peralatan output dapat berupa Hard-copy device. Artinya alat yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar pada media keras. Contohnya yang sering digunakan dan bisa dibilang wajib adalah Printer.

Perangkat output juga dapat menghasilkan/mengeluarkan soft copy dan disebut soft copy device untuk menampilkan tulisan, grafik, dan suara dalam bentuk media lunak dan contohnya adalah monitor dan speaker. Ini juga wajib ada gan kalau kita ingin menggunakan komputer.


5. Perangkat Tambahan



Yang termasuk perangkat tambahan komputer diantaranya adalah :
  1. LAN Card untuk jaringan komputer.
  2. Modem untuk jaringan internet atau fax.
  3. TV/FM Tuner untuk instalasi televisi atau radio.
  4. Pen Tablet untuk menggambar.
  5. Light Pen untuk mengendalikan kursor/slide dari jarak jauh.
  6. Web Cam untuk melakukan aktivitas video call atau sebagainya.
  7. Microphone yang berfungsi untuk memasukkan perintah suara atau kita gunakan untuk berkomunikasi.



Tidak ada komentar:
Write komentar